SKENARIO PEMBELAJARAN
1. Sasaran
Pembelajar tingkat dasar (elementary)
2. Kompetensi Fokus
Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan audiolingual. Tutor dan pembelajar memperagakan gerakan. metode audiolingual, berorientasi pada keterampilan menyimak. Kecerdesan lingual siswa dalam berkomunikasi diperoleh melalui rangkaian proses mendengarkan.
3. Tujuan
Mengenalkan lagu anak Indonesia
Mengenalkan nama-nama anggota tubuh manusia dalam bahasa Indonesia
Menambah pembendaharaan kosakata bahasa Indonesia
4. Materi dan Media
a. Materi yang diberikan kepada orang asing yaitu salah satu lagu anak berbahasa Indonesia, yaitu lagu berjudul “Dua Mata Saya”
b. Media yang digunakannya, yaitu:
Laptop
Rekaman lagu anak
Gambar anggota tubuh manusia
Kertas lipat: dibentuk menjadi burung yang berwarna-warni
5. Skenario KBM
Pertemuan Ke : 1
Alokasi waktu : 45 menit
Keterangan :
a. Kegiatan awal
Tutor mengecek kehadiran pembelajar
Mengulas pelajaran pada pertemuan sebelumnya
b. Kegiatan inti
Tutor memutarkan lagu anak berjudul “Dua Mata Saya”
Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya, pakai sepatu baru
Dua kuping saya, yang kiri dan kanan
Satu mulut saya, tidak berhenti makan
Tutor memperagakan gerakan sesuai lagu
Pembelajar diminta untuk mengikuti gerakan
3 pembelajar disuruh ke depan untuk memimpin gerakan
Pembelajar lain menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
Selain kelima jenis anggota tubuh yang disebutkan dalam lagu, tutor mengenalkan nama anggota lainnya, seperti tangan yang disertai dengan gambar.
c. Kegiatan akhir
Pada kegiatan akhir dilakukan evaluasi. Evaluasi adalah penilaian atas suatu kerja usaha.
Berikut penjelasan tentang evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran kali ini.
Tutor menyediakan burung-burungan yang dibuat dari kertas lipat yang berwarna-warni
Tutor menunjuk salah satu pembelajar untuk maju ke depan, kemudian diminta melakukan tugas yang diberikan tutor
Pembelajar harus mencari nama anggota badan yang disebutkan oleh tutor. Nama-nama tersebut terdapat pada sayap burung yang disediakan.
Jika telah menemukan nama yang tepat, pembelajar langsung menyelipkannya pada gambar yang dianggapnya sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar